Wiranto Raih Integritas Tertinggi

Survei Capres Militer
Wiranto Raih Integritas Tertinggi

Headline

Wiranto, – inilah.com/Wirasatria

inilah.com, Jakarta – Kelompok Kajian Pembangunan Sosial Politik Indonesia (KKSPI) yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia menggelar jajak pendapat kepada 1.400 mahasiswa perguruan tinggi negeri yang tersebar di 7 Provinsi yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan, terhadap 10 tokoh militer yang berpeluang menjadi calon presiden pada Pemilu 2014.

Di antara 10 tokoh berlatar belakang militer tersebut, hanya ada 3 tokoh yang merupakan pimpinan partai politik yang jelas-jelas akan mengikuti pemilu 2014 karena sudah lolos verifikasi dari KPU yaitu Prabowo Subianto , Wiranto, dan Endriartono Sutarto. Di antara ketiga tokoh terrsebut hasil survei menyebutkan bahwa Wiranto memiliki tingkat keterpilihan mencapai 73,8 persen, Endrianto 67,1 persen dan Prabowo 65,8 persen,

Ketua KKSPI Cecep Hidayat memaparkan bahwa dalam survei tersebut juga diukur integritas masing-masing tokoh. “Hasilnya dalam indikator integritas Wiranto memperoleh nilai tertinggi oleh responden dengan nilai 16,6, karena Wiranto dianggap memiliki kode etik moral, mampu mengatasi konflik kepentingan, mengambil keputusan yang tidak popular serta memiliki jiwa nasionalisme,” ujarnya.

Sedangkan untuk indikator kapabilitas, nilai tertinggi diraih oleh Prabowo. “Prabowo dianggap memiliki kemampuan di bidang akademik dan militer dan militer penanganan permasalahan bangsa, memiliki kualifikasi khusus, kemampuan diplomasi dan negosiasi,” ujar Cecep, Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Peneliti LIPI Ikrar Nusa Bhakti yang hadir dalam acara yang digelar kemarin, menyebutkan bahwa dari sekian banyak nama mantan perwira tinggi militer tersebut, hanya ada beberapa figur saja yang layak. “Dari orang ini yang benar-benar mampu sebagai pemimpin partai hanya Wiranto dari Hanura dan Prabowo dari Gerindra, sedangkan untuk Endriartono masih merupakan orang baru di politik, terlebih NasDem pun masih tanda tanya,” ujarnya.

Sementara itu Cecep menjelaskan bahwa Prabowo jatuh dalam penilaian persoalan hukum di masa lalu, “Dalam masalah ini prabowo hanya memperoleh 13.440 suara atau hanya memperoleh skor 9,6,” ujarnya.

Dalam survei tersebut tingkat keterpilihan Sutiyoso menempati posisi teratas dengan jumlah 80,2 persen, Djoko Suyanto 76,5 persen, Wiranto 73,8 persen, Endriartono Sutarto 67,1 persen, Prabowo Subianto 65,8 persen, Agum Gumelar 61,4 persen, Pramono Edhie Wibowo 56,3 persen, Saurip Kadi 55,5 persen, Slamet Subijanto 52,5 persen, dan Kivlan Zein 45,1 persen. [rok]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Buyung Nasution: KPK Ditekan dari Luar

    Buyung Nasution: KPK Ditekan dari Luar

  • Tahun Ini Tidak Akan Ada Blackberry 10 Entry-level

    Tahun Ini Tidak Akan Ada Blackberry 10 Entry-level