Taufik Kiemas Layak Dapat Gelar Doktor Kehormatan

Taufik Kiemas Layak Dapat Gelar Doktor Kehormatan

Headline

Ketua MPR RI Taufik Kiemas – inilah.com/Wirasatria

inilah.com, Jakarta – Berbagai pihak mengapresiasi Universitas Trisakti atas dianugerahkannya gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa kepada Ketua MPR RI Taufik Kiemas. Hal itu dinilai sebagai langkah yang tepat disaat adanya sinisme terhadap Empat Pilar Kebangsaan.

Salah satunya adalah Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang menilai positif atas langkah Universitas Trisakti yang menganugerahkan Gelar tersebut, dan menyebutkan bahwa penganugerahan gelar tersebut adalah sesuatu hal yang harus dihargai.

“Inikan penghargaan yang tentu harus kita hargai,” kata Jusuf Kalla di Komplek DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta, Minggu (10/3/2013).

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadyah Din Syamsuddin. Ia menyatakan bahwa pemberian gelar kehormatan ini sangat tepat dan ide yang brilian mengingat ditengah apatisme masyarakat terhadap empat pilar khususnya Pancasila dan juga ancaman terhadap Bhinneka Tunggal Ika dan merupakan langkah yang sangat strategis bagi kehidupan berbangsa kedepan.

“Pemberian gelar ini merupakan komitmen dari Universitas Trisakti yang menyandang kata Trisakti dari Bung Karno itu, yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian secara sosial budaya, hal ini sangat cocok dan relevan,” Ujar Din.

Sementara itu Taufik Kiemas dalam pidato pengukuhan ilmiah dengan judul “Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara sebagai Sumber Moralitas dan Hukum Nasional” mengatakan bahwa pemberian gelar ini merupakan kehormatan baginya.

“Terlebih saya menerimanya dari Universitas terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Trisakti yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1965 dan diberi nama Trisakti oleh Presiden Soekarno,” Ujarnya.

Penganugerahan Gelar Doktor untuk politikus senior PDIP itu dihadiri langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, Mantan Presiden Megawati, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Kapolri Jendral Timur Pradopo, Mantan Wapres Hamzah Haz, Ketua DPD RI Irman Gusman, Gubernur DKI Jakarta Jokowi, Sejumlah Menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu II, Anggota DPR/MPR dan sejumlah Rektor dan Guru Besar dari Universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Indoneisa, Universitas Hasanuddin, Universitas Hudayana dan lain-lain.

Taufik Kiemas diberikan gelar kehormatan karena Universitas Trisakti menilai Taufik Kiemas dalam jabatannya sebagai Ketua MPR RI telah melahirkan gagasan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Indonesia, sehingga nilai tersebut dapat dipahami oleh para pejabat negara dalam berbangsa dan bernegara.

Selain telah melahirkan gagasan sosialisasi tersebut, Taufik Kiemas juga dinilai telah berhasil dalam mensosialisasikan Nilai-Nilai Empat Pilar Kebangsaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, sehingga nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. [mes]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Liverpool dan Spurs Masih Sama Kuat

    Liverpool dan Spurs Masih Sama Kuat

  • <i>Starting XI</i> MU vs Chelsea

    Starting XI MU vs Chelsea