Survei: Gerindra Tertinggi, Demokrat Masih Melorot

Survei: Gerindra Tertinggi, Demokrat Masih Melorot

Headline

IST

inilah.com, Jakarta – Partai Gerindra merupakan partai politik yang dipilih rakyat Indonesia dengan tingkat elektabilitas sebesar 26% jika pemilihan umum (Pemilu) dilakukan hari ini. Sedangkan Partai Demokrat masih terpuruk di angka 8% sebelum terjadi gonjang-ganjing sengkarut internal partai.

“Dari 10 Parpol yang memenuhi syarat untuk pemilu 2014. Gerindra yang paling unggul,” kata Direktur Taylor Nelson Sofres (TNS) Yati Z saat merilis hasil survei National Leadership Center (NLC) di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2013).

Menurut Yati, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan terhadap 2.020 responden di 31 provinsi di Indonesia itu, Partai Gerindra mendapat rihan suara sebesar 26%.

“Gerindra sedikit lebih tinggi dari partai lain, diikuti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Golkar dalam hal kemungkinan dipilih,” kata Yati.

Pada survei ini, imbuhnya, PDIP di urutan kedua dengan tingkat dukungan 25%. Golkar di urutan ketiga dengan angka 18%, keempat di duduki Partai Demokrat dengan angka 8%. Selanjutnya secara berurutan yakni, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtra (PKS) (3%), Partai Nasional Demokrat (NasDem) (3%), Partai Kebangita Bangsa (PKB) (2%), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hati Nuarani Rayat (Hanura) (2%).

Dijelaskan Yati, survei ini dilakukan secara tatap muka dengan responden 2.020 responden di 31 provinsi yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan komposisi 49%-51%, mempunyai KTP Indonesia dengan umum 17 tahun ke ke atas.

Komposisi usianya, yakni 17-24 tahun sebesar 21%, 25-39 tahun (39%), dan di 40 tahun ke atas sebesar 40%. Ke-2.020 responden itu, ujar Yati, tersebar 45% di urban atau perkotaan dan 55% di rural atau pedesaan.

“Poling ini dilakukan pada 14-19 Januari 2013 dengan tingkat kesalahan yang dapat diterima (margin of error adalah kurang dari 4%,” ujarnya. [rok]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Pilih Agus Jadi Gubernur BI, SBY tidak Bijak

    Pilih Agus Jadi Gubernur BI, SBY tidak Bijak

  • IHSG Siang Naik 55 Poin

    IHSG Siang Naik 55 Poin