free web stats

example banner

Sidang Sengketa Pemilu Kada NTT Digelar Hari ini

Metrotvnews.com, Kupang: Sengketa pemilu kada Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini (Selasa, 16/4), sekitar pukul 14.00 WIB.

Juru bicara KPU NTT Djidon de Haan mengatakan dua anggota KPU yakni Maryanti Luturmas-Adoe dan Gasim M Noor menjadi saksi di sidang tersebut.

KPU NTT digugat pasangan calon gubernur Ibrahim Agustinus Medah-Emanuel Melkiades Laka lena (Tunas) terkait penggelembungan suara di sejumlah tempat pemunggutan suara (TPS) pada pemilu kada 18 Maret lalu.

“KPU NTT sudah siap mengikuti sidang di MIK, dan dua anggota KPU sudah membawa bukti-bukti yang dibutuhkan dalam siang tersebut,” ujarnya.

Pasangan Tunas menduga kuat terjadi penggelembungan suara di beberapa TPS di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Lembata, dan Sikka. Penggelembungan suara di Timor Tengah Selatan sesuai laporan ke MK terjadi pada pasangan calon kepala daerah lainnya Esthon Foenay-Paul Edumundus Tallo yang merugikan pasangan Ibrahim-Emanuel

Akibatnya pasangan Ibrahim-Emanuel yang diusung Partai Golkar pun gagal melaju ke pemilu kada putaran kedua. KPU NTT sudah menetapkan dua pasangan peraih suara terbanyak maju ke pemilu kada putaran kedua yang akan digelar pada 15 Mei mendatang, yakni pasangan Frans Lebu Raya-Benny Litelnoni yang diusung PDIP dan pasangan Esthon-Paul yang diusung Partai Gerindra dan Partai Damai Sejahtera (PDS).

Persoalan lain yang akan disampaikan dalam sidang di MK ialah adanya keterlibatan pegawai negeri sipil dari kantor gubernur NTT dan beberapa bupati mendukung dan mengkampanyekan pasangan Esthon-Paul dan Frans-Benny.  Di Sikka, sejumlah saksi pasangan Tunas tidak dilibatkan saat rekapitulasi penghitunganh suara di tingkat PPK.

Pelanggaran-pelanggaran tersebut menurut pasangan Tunas dilakukan secara terstruktur,  sistematis dan masif sehingga menguntungkan pasangan Esthon-Paul dan Frans-Benny.

Terkait pelanggaran pemilu kada tersebut, pasangan tunas tidak menerima hasil rekapitulasi perhitungan suara pemilu kada yang digelar pada 27 Maret lalu. (Palce Amalo)

Editor: Victor Nababan

metrotvnews.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below