Saan Isyaratkan Maju Jadi Ketum Demokrat

JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustopa menginsyaratkan akan mengajukan diri sebagai ketua umum Partai Demokrat yang ditinggalkan oleh Anas Urbaningrum. Namun demikian Saan mengaku menunggu terlebih dahulu bagaimana suara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat.

Pasalnya, DPD dan DPC memiliki hak suara untuk memilih siapa yang akan menjadi ketua umum dalam kongres. "Suara DPC dan DPD akan kami pertimbangkan," kata Saan di DPR, Jakarta, Senin (11/3).

Saan mengaku terus menjalin silahturahmi dengan DPD dan DPC Demokrat. "Soal nanti ke depan, lihat nanti. Komunikasi tidak pernah putus," ucapnya.

Menurut Saan, siapapun yang terpilih menjadi ketua umum nantinya memang merupakan seseorang yang diharapkan oleh para peserta kongres. Namun kata dia, siapa yang diinginkan saat ini belum mengerucut.

"Belum ada satupun kandidat yang mendapat dukungan yang sudah pasti. Mereka masih berusaha meyakinkan DPC dan DPD. Belum ada figur yang memperoleh dukungan dari pemilik suara," terang dia.

Dikatakan Saan, Partai Demokrat memiliki banyak calon di internal yang dapat maju sebagai ketua umum, seperti Mirwan Amir, Marzuki Alie, Totok Riyanto, dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Selain itu kata Saan, Demokrat juga memiliki calon eksternal. "Karena Partai Demokrat tidak mengenal dikotomi. Seperti Pramono Edhie Wibowo dan Djoko Suyanto," tukasnya.(gil/jpnn)