Ray Rangkuti: SBY Cari Ketum Demokrat yang Disukai

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah nama kandidat Ketua Umum Partai Demokrat, baik internal maupun eksternal partai, yang muncul tidak relevan.

Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono masih mencari kandidat yang ia sukai dan dinilai loyal terhadap PD dan Cikeas yang akan dipilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PD pada akhir Maret ini.

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan hal tersebut di Jakarta, Rabu (13/3). Kandidat ketua umum dari internal PD yang mengemuka yakni Ketua Umum DPR Marzuki Alie dan Wakil Sekjen PD Saan Mustafa.

Dari eksternal PD yang disebut ialah KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md, dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Ray juga menilai rencana KLB PD akan mundur dari waktu yang ditentukan karena SBY masih mencari dua formulasi yang tepat.

“Dua formulasi itu ialah mencari KLB PD dengan cita rasa SBY dan memastikan kandidat Ketum PD itu patuh (loyal) terhadapnya,” ujar Ray.

Meski demikian, menurutnya, KLB PD bukanlah kegiatan formalitas. Ini karena KLB dilakukan sesuai tuntutan AD/ART PD ketika masa jabatan ketum belum habis terkait pengunduran diri Anas Urbaningrum.

Untuk itu, PD harus segera menggelar KLB sebelum batas akhir pendaftaran calon legislatif sementara yakni 9 April 2013.

“Tidak ada pilihan lain, PD harus segera menentukan ketua umum. Ini karena tidak akan ada dispensasi untuk PD mengenai batas akhir pendaftaran caleg sementara,” pungkas Ray.

Editor: Wisnu AS