Priyo: Kunjungan Timwas ke Rumah Anas Sesuai Aturan DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Timwas Kasus Bank Century Priyo Budi Santoso menegaskan pihaknya belum merencanakan memanggil mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Namun kunjungan tim kecil ke rumah Anas adalah agenda resmi.

“Sampai hari ini Timwas century belum memanggil atau mengundang Anas Urbaningrum untuk memberi penjelasan atau kesaksian atau apalah namanya di Timwas Century,” kata Priyo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3).

Menurut Priyo, kunjungan tim kecil yang dipimpin Fahri Hamzah adalah pertemuan yang sah karena melewati tata aturan di DPR. Ia sendiri kurang sependapat jika Anas dipanggil atau memberikan penjelasan mengenai ini.

“Tapi karena dipanggil melalui mekanisme yang sah, sebagai pimpinan DPR dan pimpinan Timwas harus mendukungnya,” kata Priyo.

Terkait temuan tim kecil yang mengaku mengantongi empat nama, Priyo menjelaskan media sebaiknya bersabar. Timwas akan memikirkan apakah nama tersebut akan dipublish atau memang masih dalam tahap validasi dan verifikasi.

Priyo menambahkan, Timwas sendiri bertugas untuk mengawasi lembaga penegak hukum seperti KPK, Kepolisian dan Kejaksaan Agung atas rekomendasi DPR soal pengusutan kasus Bank Century.

“Kalau ketiga penegak hukum ini sudah bekerja kita merasa nyaman. Kita masih inginkan ketiga lembaga penegak hukum itu segera membuktikan kalau ada sesuatu yang salah atau tidak salah dalam kasus Century,” ucapnya.

Karena itu, Wakil Ketua DPR RI ini belum bisa menjawab soal kepastian pemanggilan Anas.

“Apakah nanti dipandang perlu, untuk reconfirm bisa saja. Tapi lebih baik, kita tunggu saja,” pungkas Priyo. (Andhini)

Editor: Tjahyo Utomo