Presiden Minta Semua Pihak tidak Ganggu Stabilitas Nasional

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta semua pihak dan kelompok elit politik tidak mengganggu stabilitas politik nasional menjelang Pemilu 2014.

“Saya tentu mengikuti dan memantau dinamika politik di negeri kita saat ini, tepatnya dinamika politik pada elit politik dan komunitas tertentu,” kata Presiden dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta sebelum bertolak menuju Jerman dan Hungaria, Minggu (3/3).

Kepala Negara meminta agar semua pihak tetap pada koridor demokrasi dan aturan hukum yang ada dalam menyikapi dinamika politik yang terjadi sepekan terakhir ini.

Presiden mengatakan dinamika politik yang terjadi sepekan terakhir diawali dengan penetapan status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang kemudian dalam wacana di kalangan masyarakat dan elit politik terjadi campur aduk antara hukum dan politik.

“Sementara untuk masalah politik saya pantau dan tahu, informasi, saya hanya berharap kepada elit politik dan kelompok tertentu tetap ada pada koridor demokrasi, itu sah. Tapi kalau lebih dari itu, apalagi dengan rencana membuat gonjang ganjing, negara dan pemerintah tidak bisa bekerja. Saya khawatir justru akan menyusahkan rakyat kita,” kata Presiden.

Kepala Negara meminta agar situasi politik dan keamanan dalam negeri tetap terjaga menjelang pemilu 2014. “Tahun ini dan tahun depan seharusnya situasi politik dijaga dengan baik sehingga pemilu bisa berlangsung dengan baik. Kalau dibuat goncang dan stabil dan dibuat masalah yang seharusnya tidak ada masalah itu amat tidak baik,” kata Kepala Negara. (Ant/Pbu)