PKB Ancam Sanksi Pengurus Tak Dukung Khofifah

PKB Ancam Sanksi Pengurus Tak Dukung Khofifah

Headline

Ist

inilah.com, Surabaya – DPP PKB mengancam akan mengeluarkan sanksi terhadap pengurus yang tak mendukung Khofifah Indar Parawansa dalam pilgub Jatim 2013.

“Akan ada sanksi sesuai aturan partai yang berlaku. Bisa berupa teguran hingga peringatan tegas,” ujar Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Andi Muawiyah Ramly, Jumat (15/2/2013).

Dia menegaskan, PKB telah bersikap dan memutuskan memberi dukungan ke Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, sebagai bakal calon gubernur. Namun, pihaknya masih harus bekerja ekstra karena partai berlambang bumi dikelilingi sembilan bintang tersebut hanya meraih 13 kursi DPRD Jatim ketika pemilu 2009.

Artinya, PKB masih membutuhkan dua kursi tambahan sebagai syarat wajib mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sendiri. “Sekarang kami konsentrasi mencari tambahan kursi melalui jalan koalisi. Tidak masalah dengan partai manapun, asalkan sama-sama memiliki visi memenangkan Khofifah di pilgub Jatim,” katanya.

DPP PKB optimistis pihaknya segera mendapat tambahan dua kursi lagi. Yang masuk dalam bidikan di antaranya PDIP dengan 17 kursi, Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) lima kursi dan Partai Damai Sejahtera (PDS) memiliki satu kursi.

Hanya saja, peluang PKB berkoalisi dengan PDIP dirasa cukup berat. Di samping ingin mengajukan pasangan calon sendiri, partai berlambang banteng moncong putih itu akan berpikir dua kali jika hanya diberi jatah wakil gubernur. Mengingat jumlah kursi di DPRD Jatim melebihi batas minimal.

Sedangkan untuk PKNU, kemungkinan besar merapat ke pasangan incumbent Karsa. “Kami masih berpeluang dengan partai politik lainnya. Apalagi belum semua partai secara resmi mengajukan calon yang didukungnya, meski sudah mewacanakan arah dukungan. Di dunia politik, apapun bisa terjadi,” tuturnya.

Sementara itu, disinggung belum diserahkannya surat rekomendasi pengusungan Khofifah dari DPP ke DPW PKB Jatim, Andi Muawiyah mengatakan bahwa tidak lama lagi segera diturunkan. pihaknya membantah telah terjadi penolakan di tingkat wilayah terhadap keputusan DPP. Pihaknya yakin PKB di Jatim tetap solid dan berjuang memenangkan Khofifah. [beritajatim]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Inikah Tampilan Kontroler PlayStation 4?

    Inikah Tampilan Kontroler PlayStation 4?

  • SBY Deg-degan, Cucunya Dioperasi

    SBY Deg-degan, Cucunya Dioperasi