Pertemuan SBY dan HMI Wajar

Pertemuan SBY dan HMI Wajar

Headline

Presiden SBY – inilah.com/Ardhy Fernando

inilah.com, Jakarta – Dalam sejarahnya kiprah organisasi kemahasiswaan Islam, HMI hampir selalu menjadi bagian dalam setiap momentum kebangsaan. Hingga usia yang sudah memasuki 66 tahun HMI tetap konsisten pada kiprahnya sebagai organisasi pengkaderan yang berbasis di kampus.

Pun demikian HMI tidaklah alergi dengan kekuasaan, HMI nyaris dalam setiap generasinya selalu memiliki hubungan baik dengan kekuasaan. Hubungan baik itupun tidak bisa diartikan sebagai bentuk sikap pragmatis atau masuk ke ranah politik, tetapi hubungan itu selalu proporsional, HMI selalu memandang kekuasaan dengan independensi yang dimilikinya.

“Jadi biasa dan wajar saja, apabila hari ini PB HMI melakukan audiensi dengan presiden (di Istana Negara, Jakarta, hari ini). Karena acara formal seperti ini sudah kerap dilakukan,” kata Sekjen DPP KNPI, Jailani Paranddy kepada wartawan, Kamis (14/2/2013).

Jadi menurut Jailani terlalu berlebihan kalau ada pengamat, terutama Iberamsyah yang mengatakan HMI main politik, bahkan dikatakan pengaruh HMI itu nol. Ini, menurutnya, cara pandang yang tendensius. “Cuma memang patut diakui bahwa di tengah momentum polemik internal Demokrat yang sedang bergejolak,” tegasnya.

Apalagi Anas Urbaningrum, lanjut Jailani,mantan Ketua Umum PBHMI periode 1997-1999, adalah ketua Umum Partai Demokrat saat ini, maka wajar jika audiensi PB HMI dengan SBY memunculkan spekulasi HMI masuk ke ranah Politik.

“Saya pribadi melihatnya, tidak demikian, auidensi atau silaturahmi PB HMI dengan SBY secara formal itu wajar, dan semua OKP dan ormas kerap melakukannya, apalagi sebentar lagi PB HMI akan melakukan kongres,” tegasnya.

“Cuma memang lagi-lagi saya mengatakan PB HMI terjebak di waktu yang tidak pas. Dan saya berpikir positif bahwa HMI masih independen, PB HMI tidak mungkin main politik, apalagi ada pikiran yang mengatakan PBHMI berpihak ke SBY dan meninggalkan Anas, itu tidak demikian. Karena bukan porsi HMI, dan sebaiknya PB HMI memahami suasana kebatinan mas Anas saat ini,” kata Jailani yang juga mantan Ketua PB HMI tahun 2006-2008. [rok]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Defisit Neraca Lancar RI Tekuk Rupiah

    Defisit Neraca Lancar RI Tekuk Rupiah

  • Inilah Alasan Konsumsi Emas India Melejit

    Inilah Alasan Konsumsi Emas India Melejit