Pengamat: PDIP Terjebak Potensi Jokowi

Pengamat: PDIP Terjebak Potensi Jokowi

Headline

Joko Widodo – (Foto : inilah.com)

inilah.com, Jakarta – Pengamat politik dari POINT Indonesia, Karel Susetyo mengatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jangan terjebak dengan potensi Joko Widodo atau Jokowi yang menjabat gubernur DKI mengingat belum terpenuhi janji-janji kampanyenya diantaranya mengatasi banjir serta mengentaskan kemacetan.

“Sekarang Jokowi masih dalam fase 'meraba-raba' Jakarta, belum ada konsep yang jelas sebagai solusi. Modal besar dia (Jokowi) yakni media darling Pilkada Jakarta, PDIP masih terjebak pada potensi Jokowi tersebut,” kata Karel kepada inilah.com, Sabtu (11/5/2013).

Dikatakan oleh Karel, partai yang berlambangkan moncong putih banteng selama ini hanya bertumpu kepada Megawati. Menurutnya, kalau saja program regenerasi dilakukan secara sistematik sejak lama, maka PDIP sudah punya banyak 'Jokowi-Jokowi' untuk dapat dijadikan ikon.

“Jadi, PDIP harus mencetak ikon baru berbasiskan kewilayahan, harus menampilkan tokoh-tokoh yang menjadi representasi dari basis konstituen PDIP. Jokowi juga dulunya adalah tokoh lokal, bukan dikarbit,” terangnya.

Karel menambahkan, persoalan ini tidak akan selesai karena PDIP telah gagal mencetak ikon selama 15 tahun. Pasalnya, ikon partai tersebut disentralisir hanya kepada Megawati Soekarno Putri.

“Jadi kalau PDIP mau besar dan membentuk basis konstituen yang kuat ya dari wilayah lokal, di samping itu akan menimbulkan rasa 'cemburu' kepada kader lain melihat Jokowi yang selalu dijadikan juru kampanye. Sebab, Jokowi kan bukan pengurus DPP dan statusnya kader biasa,” pungkas Karel. [ton]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Juara Piala FA, Momen Luar Biasa Wigan

    Juara Piala FA, Momen Luar Biasa Wigan

  • Pecundangi City, Wigan Juara Piala FA

    Pecundangi City, Wigan Juara Piala FA

Inilah.com