Pengamat Menilai SBY Alihkan Isu dengan Lapindo

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Politik Universitas Indonesia Boni Hargens menilai pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono soal Lapindo adalah bentuk pengalihan isu. Motifnya agar pemberitaan tidak fokus pada prahara Partai Demokrat.

“Aku pikir pengalihan isu. Targetnya ke sana ke Ical tapi berproses. Ini jelas lemparan bola berbeda,” kata Boni kepada Metrotvnews.com, Jumat (15/2).

Boni mengatakan SBY terbebani dengan berita pajak keluarganya dan tudingan rencana melengserkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

“Ini lompatan-lompatannya jelas. Ini by design,” kata Boni.

Boni melihat SBY tidak berniat menyerang Ical secara langsung. Terlihat dari kalimat yang tak ditujukan kepada Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical sebagai salah satu pemilik saham Lapindo. Meski targetnya tetap untuk menghajar Ical.

“Ini desain partai. Makanya bahasanya halus tidak nembak Ical secara langsung,” kata Boni.

Ia memastikan sikap SBY ini akan memengaruhi hubungan personal SBY dengan Ical dan Golkar. Namun partai berlambang Pohon Beringin itu masih menunggu seberapa agresif serangan SBY.

“Jelas dong karena menghidupkan lagi ingatan publik. Ini saja sudah jadi tamparan. Tapi Golkar masih menunggu,” kata dia.(Andhini/Dsy)