Pengamat LIPI: Kasus Century tak akan Selesai hingga Pemilu 2014

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus korupsi bail out Bank Century diduga tidak bakal diselesaikan hingga berlangsungnya Pemilu 2014.

Pengamat politik LIPI Syamsuddin Haris menyebutkan, kasus ini hanya jadi mainan parpol untuk menjaga kepentingannya menghadapi pemilu.

“Saya duga kasusnya hanya begini-begini saja atau status quo. Ujungnya tidak ada yang akan berubah,” katanya usai acara diskusi di Jakarta, Rabu (6/3).

Ia menyebutkan, KPK pun akan menemui kesulitan dalam mengungkap kasus ini. Hampir dipastikan terjadi tekanan politik yang kuat ke lembaga anti rasuah ini.

“Artinya tekanan bagi KPK jelas ada dan sangat kuat. Di samping masing-masing parpol juga ambil bagian dalam kasus itu. Jadi akan selalu jadi mainan politik,” ujarnya.

Begitu pesimitisnya, Syamsuddin menyebutkan, kalau kemajuan KPK dalam mengungkapkan kasus ini, pengungkapkan tersangka hanya pada level deputi. “Pejabat tingginya tidak akan tersentuh,” katanya.

Mengenai ancaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang diduga memiliki data signifikan untuk mengungkap kasus century atau kasus lainnya, Syamsuddin meragukannya. Walaupun ternyata Anas memiliki data, publik akan menyalahkan mengapa Anas baru membukanya begitu berhenti dari jabatannya.

“Atau mungkin juga Anas tahu kulitnya saja, namun tidak bisa jadi bukti bagi KPK untuk melihat seorang terlibat atau tidak,” pungkasnya. (Emir Chairullah/Adf)

Editor: Asnawi Khaddaf