Pengamat : Hanura tidak Mungkin Tembus 3 Besar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Politik Ray Rangkuti menanggapi klaim Partai Hanura yang optimistis dapat menembus posisi tiga besar pada Pemilu 2014 mendatang. Menurut Ray, klaim Hanura tidak akan terjadi karena mereka tidak memiliki figur kuat untuk menarik simpati masyarakat.

“Saya rasa itu tidak mungkin (tembus tiga besar). Pertama figur di antara mereka (Hanura) nggak ada yang cukup kuat,” kata Ray usai diskusi di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (12/03).

Ahad kemarin, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, dalam siaran pers di kantor DPP Hanura, Jakarta, optimitistis dapat menembus tiga besar pada Pemilu 2014. hal itu didasari dengan bergabungnya 10 partai politik yang tidak lolos verifikasi KPU ke Partai Hanura.

Menurut Ray, Partai Hanura mungkin akan mendapat kenaikan suara saja pada pemilu 2014 nanti.

“Kalau dengan bergabungnya 10 parpol itu, ya saya juga yakin Hanura akan naik suaranya, tapi gak terlalu signifikan, misalnya tahun 2009 dapat 1 persen, ya untuk 2014 bisa lah tembus treshold jadi sekitar 5 persen. Tapi untuk tiga besar saya gak yakin,” ujar Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) ini.

Lebih lanjut, ketika ditanya alasan 10 parpol bergabung dengan Partai Hanura karena ada Harry Tanoesudibjo, Ray merasa bukan itu pemicunya. Bergabungnya 10 parpol itu lebih pada kekecewaan mereka terhadap parpol besar yang menolak parpol kecil lolos sebagai peserta Pemilu 2014.

“Partai (parpol) besar itu nggak mau mereka jadi partai pemilu, jadi ada kekesalan dengan partai besar sehingga mereka lebih memilih bergabung dengan partai kecil. Terus, pragmatisnya partai kecil itu memungkinkan mereka masuk menjadi anggota Dewan, karena mungkin kursi yang tersedia cukup lumayan. Jadi gak terlalu ada pengaruh Harry Tanoe di Hanura,” lanjutnya.

Editor: Dendi Suharyana