Pemindahan Ibu Kota Harus Ada Keberanian SBY

Pemindahan Ibu Kota Harus Ada Keberanian SBY

Headline

Presiden SBY – inilah.com/Wirasatria

inilah.com, Jakarta – Fraksi Partai Hanura mendukung wacana pemindahan ibu kota negara dari Provinsi DKI Jakarta ke provinsi lain. Namun realisasi pemindahannya membutuhkan keberanian politik.

“Wacana untuk memindahkan ibu kota ke tempat lain sudah lama berhembus dan timbul tenggelam. Ini sebenarnya baik guna memindahkan aktivitas pemerintahan dengan aktivitas bisnis. Banyak negara sudah melakukan itu, tinggal ada enggak kemauan politik dari pemerintah dalam hal ini presiden,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Hanura, Saleh Husin, di Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Menurut dia, perkembangan Jakarta saat ini khususnya terkait tata ruangnya sudah melenceng dari rencana awal yang seharusnya menjadi kota dengan tata ruang hijau yang cukup.

“Namun pemindahan ibu kota perlu dirancang secara matang agar tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari. Pada prinsipnya kami mengapresiasi niat baik tersebut,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengusulkan pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia dari DKI Jakarta ke daerah lain. Alasannya, dia khawatir banjir di Jakarta jika terus terjadi akan berdampak sistemik bagi jalannya pemerintahan.

“Kalau saya berpendapat, harus kita pikirkan pemindahan ibu kota. Para ahli harus cari tempat yang baik,” ujar Prabowo di Kantor DPP Partai Gerindra, Kamis (17/1/2013).

Untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap menjadi langganan di Jakarta, seluruh pihak harus turun tangan mencari solusinya. Sehingga kedepannya musim penghujan tidak menjadi momok yang menakutkan bagi warga Jakarta.

Pemikiran Prabowo itu disambut Ketua MPR Taufiq Kiemas. Dia sependapat dengan Prabowo kondisi Jakarta yang komplek dengan masalah, pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta layak untuk dipertimbangkan. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Banjir, 40 KCP BCA Tutup Hari ini

    Banjir, 40 KCP BCA Tutup Hari ini

  • 3 Orang Terjebak di Basement yang Tenggelam

    3 Orang Terjebak di Basement yang Tenggelam