Pemeriksaan Agus Marto di KPK Dipertimbangan DPR

Calon Gubernur BI
Pemeriksaan Agus Marto di KPK Dipertimbangan DPR

Headline

Agus Martowardojo – Inilah.com

inilah.com, Jakarta – Nasib Agus Martowardojo sebagai calon tunggal gubernur Bank Indonesia (BI) masih menjadi polemik di internal anggota dewan.

Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Azis mengatakan, pihaknya masih menunggu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menambahkan nama lain sebagai penyeimbang Agus untuk maju sebagai cagub BI.

Sebab, kata Harry, SBY seharusnya mendengar aspirasi rakyat terkait pengusulan nama cagub BI sebagaimana diatur dalam UU BI.

“Karena UU BI pasal 41 ayat 1, presiden mengusulkan nama calon itu harus mendengar aspirasi masyarakat. Pertanyaannya apakah pengusulan itu Presiden SBY sudah mendengar aspirasi masyarakat,” kata Harry kepada inilah.com, di Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Untuk itu, pihaknya akan meminta penjelasan kepada lembaga negara termasuk aparat penegak hukum guna mengetahui sepak terjang Agus selama menjabat sebagai menteri keuangan.

“Masih menunggu rapat dengar pendapat, dari KPK, BIN, PPATK. Karena KPK memanggil Agus sebagai saksi, apakah nanti sebagai tersangka,” jelas politikus Golkar itu.

Dia menegaskan, keterangan beberapa lembaga negara serta aparat penegak hukum itu akan menjadi pertimbangan dewan untuk memutuskan Agus sebagai cagub BI. Jika Agus memiliki masalah hukum, maka dia akan kembali ditolak sebagai gubernur BI.

“Sikap DPR tanggal 26 Maret apakah DPR menyetujui atau tidak,” tegas Harry.

Sebagaimana diberitakan, dalam audit investigatif tahap I BPK terhadap proyek olahraga Hambalang disebutkan, Agus Marto lalai karena menyetujui anggaran proyek meski tidak ditandatangani Menpora Andi Mallarangeng ketika itu.

Klarifikasi ini penting untuk mendapatkan kebenaran material dari hasil laporan BPK terkait dugaan keterlibatan Agus Marto di Hambalang. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Sukseskan KLB PSSI, Menpora Berharap Tuah Jokowi

    Sukseskan KLB PSSI, Menpora Berharap Tuah Jokowi

  • Keraguan Hakim Buat Kesal Kuasa Hukum Raffi Ahmad

    Keraguan Hakim Buat Kesal Kuasa Hukum Raffi Ahmad