Pemanggilan Anas Penting untuk Ungkap Aliran Century

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Tim Pengawas Kasus Bank Century Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya akan menjajaki kebenaran informasi mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang kabarnya mempunyai data soal aliran dana bailout Bank Century.

Jika benar, Timwas akan memanggil Anas meski Ketua DPR RI Marzuki Alie menganggap tidak perlu.

“Ini perkembangan menarik karena Yuddy Chrisnandi (juru bicara Hanura) mengatakan Anas punya data dan informasi dan sangat penting untuk kita mintai keterangan,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/2).

Bambang menjelaskan, timwas akan menjajaki kebenaran tersebut. Termasuk menanyakan kesediaan Anas.

“Kalau Mas Anas bersedia artinya memang punya data,” ujar politikus Partai Golkar ini.

Bambang menampik pendapat Marzuki dan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso yang menilai Timwas tak perlu memanggil Anas. Baginya, sekecil apapun informasi tersebut sangat penting terutama untuk mengetahui soal aliran dana yang diduga mengalir ke pihak-pihak tertentu.

Sebelumnya, Yuddy Chrisnandi mengungkapkan pertemuannya bersama sejumlah politikus di kediaman Anas Urbaningrum membahas kasus Bank Century. Anas bersedia membongkar kasus bailout senilai Rp6,7 triliun tersebut.

Yuddy mengatakan ada isu beredar bailout Bank Century mengalir ke Partai Demokrat. Namun masalah ini sebenarnya sudah dibantah oleh Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan dalam Panitia Khusus Hak Angket DPR untuk Bank Century.

Anggota Timwas Bank Century Hendrawan Supratikno menilai Anas perlu dipanggil. Karena itu, Timwas akan mengagendakan pemanggilan Anas. (Andhini/Nav)