PDIP: Jokowi Harus Siap Ditugaskan Kampanye

PDIP: Jokowi Harus Siap Ditugaskan Kampanye

Headline

inilah.com/Agus Priatna

inilah.com, Jakarta – Meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak mengganggap Joko Widodo alias Jokowi sebagai boneka partai dalam menghadapi Pilkada, namun PDIP menegaskan bahwa Jokowi harus patuh pada setiap perintah untuk membantu pemenangan Pilkada.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan, sebagai kader partainya, maka sangat wajar jika Jokowi membantu dalam meraup suara Pilkada di seluruh daerah.

“(Jokowi) Itu bukan sebagai boneka. Pak Jokowi harus paham dengan posisinya pada hari ini bahwa apapun beliau itu masih dari PDIP yang harus siap ditugaskan di mana saja (kampanye),” kata Puan, di Jakarta, Minggu (10/3/2013).

Puan menegaskan, peraturan itu bukan hanya diberikan kepada Jokowi. Menurutnya, seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih itu wajib memberikan kontribusi guna pemenangan Pilkada.

“Bukan cuma Pak jokowi. Semua eksekutif yang kami anggap bisa membantu menambah suara pada Pilgub dan Pilpres, kami minta bantuannya untuk bisa hadir,” tegas putri Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri itu.

Diketahui, Jokowi menjadi juru kampanye untuk pemilihan calon Gubernur di beberapa daerah. Misalnya, di Pilkada Jabar, Jokowi menjadi juru kampanye pasangan dari jagoan PDIP Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki.

Selain itu, mantan Walikota Solo itu juga menjadi juru kampanye di Sumatera Utara untuk pasangan Effendi Simbolon dan Jumiran Abdi. Namun, kesuksesan Jokowi pada Pilkada DKI tak membawa berkah bagi PDIP di Pilgub Jabar dan Sumut.

Menurutnya, kegagalan PDIP di Pilkada Jabar dan Sumut akan menjadi bahan evaluasi partai pimpinan Megawati itu. Kata Puan, jika Jokowi dianggap bukan sebagai sosok yang vote getter, maka pihaknya harus melihat daerah yang sedang Pilkada.

“Saya optimistis bahwa apa yg menjadi suara PDIP Jabar dan Sumut itu merupakan suara real masyarakat dan simpatisan yang mendukung PDIP Kami bisa menyatakan bahwa itulah salah satu modal kami ke depan,” katanya. [mes]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Benitez Tuduh Ferguson Tolak Jabat Tangannya

    Benitez Tuduh Ferguson Tolak Jabat Tangannya

  • IHSG Menuju 5.200, Banyak Saham Menarik

    IHSG Menuju 5.200, Banyak Saham Menarik