PDIP Bakal Usung Cagub Jateng yang Santun

Keberadaan Parpol Dibutuhkan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Editor: Ari Purwanto | Selasa, 05 Maret 2013 02:28 WIB, 13 menit yang lalu



PDIP Bakal Usung Cagub Jateng yang Santun - Keberadaan Parpol Dibutuhkan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara - Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo(Foto: Istimewa)

LENSAINDONESIA.COM: PDI Perjuangan menegaskan akan mengusung calon gubernur Jawa Tengah yang mempunyai pemahaman etika berpolitik yang baik.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo dalam keterangan pers yang diterima LICOM, Senin (4/3/2013).

Baca juga: Pendaftaran Cagub Berakhir Selasa, PDIP Belum Pastikan Usung Siapa dan Rieke Kirim Pesan ke Semua Pendukungnya di Jabar untuk Tidak Menyerah

“Ia pun harus santun dalam berpolitik,” kata Tjahjo yang juga anggota Komisi I DPR RI asal Daerah Pemilihan Jateng 1.

Selain itu, Tjahjo menegaskan bahwa PDI Perjuangan ingin mengawal demokratisasi dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wagub Jateng, 26 Mei mendatang.

“Bahwa keberadaan partai politik tetap dibutuhkan dalam struktur berbangsa dan bernegara,” kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu.

Menurut dia, telah terjadi pembuktian bahwa hanya kandidat yang didukung mesin partai yang mampu bertahan dalam pertarungan politik.

Apabila ada hal-hal negatif yang dikritik rakyat terkait dengan partai, Tjahjo mengatakan bahwa hal itu bukan berarti partai harus “dibinasakan”.

“Deparpolisasi (pengurangan jumlah partai politik) tidak boleh terjadi karena berbahaya bagi proses demokratisasi,” katanya mengingatkan. @ari

Berita Terkait: