Parpol tak Lolos Verifikasi Ingin Kejar Kekuasaan

Parpol tak Lolos Verifikasi Ingin Kejar Kekuasaan

Headline

pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro – inilah.com

inilah.com, Jakarta – Tujuan beberapa partai politik (parpol) yang tidak lolos, bergabung ke parpol peserta pemilihan umum 2014, dianggap sebagai cara agar kader-kadernya bisa duduk di parlemen.

“Ingin mengejar kekuasaan dan mendongkrak perolehan suara di 2014,” ujar pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Ada 46 parpol yang ikut verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hanya 10 yang dinyatakan lolos. Partai baru yang ikut Pemilu 2014, hanya Nasional Demokrat (NasDem).

Dari 36 yang gagal, beberapa memilih cara aman, tidak melayangkan gugatan ke pengadilan. Di antaranya seperti Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) bersatu dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Partai Demokrasi Pembaruan memilih Partai Amanat Nasional.

Ada juga yang menggugat keputusan KPU seperti Partai Bulan Bintang (PBB) ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) mengadu ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Parpol yang menggugat memerlukan tenaga dan waktu yang cukup lama. Sedangkan yang memilih bergabung ke parpol peserta pemilu, tidak mau repot-repot.

Siti Zuhro menegaskan, parpol gurem tersebut ingin merebutkan kekuasaan dan dukungan rakyat. Ia yakin setelah pemilu 2014 atau di pemilu 2019, bakal keluar dan berusaha ikut verifikasi kembali.

“Mereka di media selalu berargumen pro untuk masyarakat, namun nanti yang ada hanya untuk kepentingan dan mewakili dirinya sendiri. Mereka tidak akan langgeng, karena yang lebih kuat dia yang akan berkuasa,” ucap Siti. [rok]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Akhir Pekan, Rekor Tertinggi IHSG Jadi 4.874,50

    Akhir Pekan, Rekor Tertinggi IHSG Jadi 4.874,50

  • Satu Kaki IHSG Sudah di Level 5.000

    Satu Kaki IHSG Sudah di Level 5.000