PAN Siap Tampung Loyalis Anas

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN — DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan, menyatakan siap menampung kader Partai Demokrat yang hendak mengikuti jejak mantan Ketua Umumnya Anas Urbaningrum, berhenti dari kepengurusan partai dan hendak pindah ke partai lain.

“Kita siap-siap saja, apabila ada kader Partai Demokrat ada yang hendak pindah ke PAN dengan catatan tentunya harus sevisi dengan PAN,” kata juru bicara DPD PAN Pamekasan Hosnan Achmadi, Selasa.

Ia menjelaskan, sejauh ini memang belum ada kader partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu yang menyatakan hendak pindah ke PAN. Namun, jika memang ada yang bersedia pindah, maka menurut Hosnan, partainya akan terbuka.

“Karena PAN ini kan memang partai terbuka dan siapa saja bisa masuk ke partai ini dengan catatan itu tadi, harus sevisi dengan PAN,” ucapnya, menjelaskan.

Di Pamekasan secara khusus dan Madura pada umumnya, keputusan Anas Urbaningrum berhenti dari kepengurusan partai itu menuai simpatik sebagian kader dan pengurus partai.

Bahkan saat Anas menyampaikan pidato akan berhenti dari jabatan ketua umum partai itu, sebagian kader partai ini langsung memasang stiker bertuliskan “Aku Sahabat Anas” sebagai bentuk dukungan moril.

Simpatisan dan loyalis Anas ini menilai, Anas merupakan orang teraniaya oleh kelompok kepentingan politik tertentu dan dikorbankan demi untuk menyelamatkan kelompok tertentu.

Para loyalis Anas di Pamekasan juga menyatakan mendukung langkah mantan Ketua Umumnya untuk membuka kasus-kasus besar yang melibatkan oknum pejabat Partai Demokrat yang juga terlibat kasus dugaan korupsi terutama Bank Century dan penggelapan pajak.