Nasional | Waspada Banjir Susulan, Posko Siaga Jatinegara Diperpanjang

Waspada Banjir Susulan, Posko Siaga Jatinegara Diperpanjang

Gabungan anggota TNI dari Yonarmed VII dan Korps Brimob Polri sedang membersihkan lumpur di pemukiman warga Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu siang (23/1).

, JAKARTA — Meski air sudah surut, posko siaga banjir Koramil dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 01 Jatinegara memastikan akan tetap bersiaga sampai Kamis (31/1).

“Kami hanya menunggu petunjuk, kebetulan posko ini disiagakan hingga 31 Januari. Selain itu kami bergerak berdasarkan antisipasi banjir susulan,” kata Petugas Pelaksana Posko Banjir Koramil 01/Jatinegara, Sersan Mayor Hariyadi, di Jakarta, Jumat.

Menurut Hariyadi setidaknya terdapat 27 personel yang masih bersiaga di posko tersebut, dengan komposisi 25 orang dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan dua orang dari BNPB. “Dari TNI 50 orang dan empat dari BNPB. Dibagi dua masing-masing 27 di tiap posko di Jatinegara dan Kalibata,” kata dia.

Hariyadi menyebutkan, di posko banjir tersebut terdapat dua perahu karet ukuran sedang dan tiga tenda besar untuk antisipasi evakuasi banjir susulan. Meski demikian, Hariyadi juga mengatakan masih mungkin apabila posko diperpanjang jika terjadi banjir susulan.

“Mungkin saja (diperpanjang), kami tinggal menunggu petunjuk,” kata dia.

Ia juga menyampaikan dalam dua tiga hari terakhir warga sekitar posko sudah mulai membersihkan lingkungan pemukiman mereka dari sampah sisa-sisa banjir, dibantu oleh petugas TNI.