Nasional | Wa Ode Nurhayati Keukeuh Sebut Anis Matta dan Marzuki Alie Terima Suap DPID

Wa Ode Nurhayati Keukeuh Sebut Anis Matta dan Marzuki Alie Terima Suap DPID
Rabu, 13 Maret 2013 , 17:20:00 WIB

Laporan: Samrut Lellolsima

RMOL. Terpidana suap DPID, Wa Ode Nurhayati, keukeuh mengatakan sejumlah petinggi DPR dan pimpinan Banggar DPR yang pernah disebutkannya dalam banyak kesempatan terlibat dalam kasus yang mendera dirinya.

“Saya sampai detik ini menyampaikan apa yang pernah saya sampaikan dan masih konsisten dengan itu,” kata Wa Ode Nurhayati di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (13/3).

Pihak yang kerapkali disebut Wa Ode terlibat yakni, Ketua DPR Marzuki Ali, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Wakil Ketua DPR Pramono Anung dan mantan Wakil Ketua DPR Anis Matta. Adapun petinggi Banggar DPR yang terlibat adalah Melchias Markus Mekeng yang sudah dipecat Golkar dari Banggar DPR.

Wa Ode tegaskan sebenarnya sudah jelas dalam kasus DPID siapa pihak-pihak yang terlibat. Namun kenyataannya sampai saat ini belum ada pimpinan DPR maupun Banggar yang ikut dijerat KPK.

“Sebenarnya kasus ini fakta persidangan sudah jelas dan wartawan tahu, bahwa di fakta sidang itu juga jelas dan selama ini saya sampaikan media, sudah dibenarkan dalam fakta sidang,” tekan dia sembari menambahkan kalau hari ini dia digarap sebagai saksi untuk Tersangka Haris Andi Surahman.

Kendati begitu, Wa Ode masih tak mau menyebutkan secara gambalang mengenai aliran dana DPID yang diduga ikut mengalir ke sejumlah pimpinan DPR dan Banggar DPR tersebut.

“Saya hanya menjelaskan sebatas alokasi dan sistem. Soal aliran dana, itu hubungan dengan penegak hukum,” tandas politikus PAN itu.

Marzuki Ali santer disebut menerima Rp 300 miliar dalam kasus DPID, Anis Matta, Priyo B Santoso dan Pramono Anung masing-masing menerima Rp 250 miliar. Adapun Melchias Markus Mekeng menerima dana Rp 250 miliar. [dem]