Nasional | VIDEO: Timwas Century Nilai Informasi dari Anas Menarik

VIDEO: Timwas Century Nilai Informasi dari Anas Menarik

(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta : Pernyataan Anas Urbaningrum saat mengumumkan pengunduran diri, Sabtu 23 Februari lalu, mengundang persepsi beragam. Kalimat halaman-halaman berikutnya misalnya, banyak ditafsirkan pengamat politik sebagai akan dibukanya kasus korupsi lain. Salah satunya pengungkapan kasus Bank Century.

Tim Pengawas Kasus Bank Century (Timwas Century) DPR pun berencana memanggil Ketua Umum Partai DPP Demokrat yang mengundurkan diri itu. Rencana tersebut dibenarkan anggota Timwas Bank Century Hendrawan Supratikno.

“Yang menarik adalah dana bailout sebagian mengalir ke partai-partai politik. Sebagai salah satu petinggi partai politik akan menarik informasinya kan,” ucap anggota Komisi VI DPR itu di Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Pemanggilan karena diduga Anas bisa memberikan keterangan lebih banyak. Anas diduga mempunyai banyak informasi penting dalam pengucuran dana talangan Bank Century yang melonjak dari Rp 632 miliar menjadi Rp 6,7 triliun itu.

Kedatangan beberapa politikus yang menyambangi rumah Anas, seperti Ketua Tim Pengawas Kasus Century Priyo Budi Santoso pada Minggu 24 Februari lalu, seakan menguatkan dugaan. Namun politisi Partai Golongan Karya itu mengatakan, kunjungan ke kediaman Anas hanya sebatas sahabat yang memberi semangat saat rekannya terkena musibah.

Priyo menambahkan kendati Anas menjadi tersangka dalam kasus proyek Hambalang, dia terlihat santai menghadapinya. “Saya lihat Anas tegar mengumbar senyum. Sudah teruji dari segi kepemimpinan,” imbuh Priyo.

Sementara itu menyeret kembali masalah Century dengan menggunakan masalah hukum yang tengah menimpa Anas, disesalkan rekannya se-partai, Ruhut Sitompul. “Tidak ada politisasi,” ujar Ruhut.(Ais)