Nasional | Usung 4 Pilar Kebangsaan, Taufiq Raih Gelar Kehormatan

Usung 4 Pilar Kebangsaan, Taufiq Raih Gelar Kehormatan

Ketua MPR Taufiq Kiemas. (Antara/Widodo S. Jusuf)

Liputan6.com, Jakarta : Politisi senior PDIP yang juga Ketua MPR Taufiq Kiemas menerima gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa dari Universitas Trisakti. Penghargaan dihadiri Presiden SBY, Wakil Presiden Boediono, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Gelar kehormatan ini diberikan karena Universitas Trisakti menilai Taufiq telah melahirkan gagasan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Indonesia. Selain itu Taufiq juga dinilai telah berhasil mensosialisasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Indonesia dan dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Keempat Pilar Kebangsaan Indonesia yang terdiri dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 45, dan NKRI itu dapat memperbaiki bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Rektor Universitas Trisakti Thoby Muthis, 4 pilar yang diusung oleh Taufiq itu merupakan suatu perangkat nilai dan norma yang layak untuk diimplementasikan secara berkelanjutan.

“4 Pilar Kebangsaan adalah suatu perangkat nilai dan suatu norma yang perlu diimplementasikan secara berkelanjutan. Kami segenap civitas akademika Universitas Trisakti berkomitmen untuk terus menggelorakan 4 pilar dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Thoby di Gedung DPR, Jakarta, Minggu (10/3/2013).

Sementara Taufiq berterimkasih karena 4 pilar tersebut telah diakui oleh masyarakat dan berharap keempat pilar tersebut dapat diwujudkan oleh anak-anak muda Indonesia.

“Saya berbahagia tapi bukan doktornya, tapi 4 pilar itu diakui. Semoga dapat diwujudkan oleh anak-anak muda Indonesia,” ucap Taufiq.

Gelar Doctor Honoris Causa merupakan gelar kesarjaan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada seseorang tanpa perlu mengikuti kuliah dan lulus. Gelar ini juga dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa atau berkarya bagi ilmu pengetahuan. (Frd)