Nasional | Ulil Abshar Sebut 2 Kegagalan Anas Urbaningrum

Ulil Abshar Sebut 2 Kegagalan Anas Urbaningrum

Liputan6.com, Jakarta : Anas Urbaningrum telah menyatakan mundur dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat. Setelah Anas resmi mundur, kader-kader Demokrat menyebut kegagalan-kegagalan Anas saat menduduki jabatan di ‘Demokrat 1’. Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla menyebut ada dua kegagalan Anas.

“Ada perbedaan mendasar pasca-mundurnya Anas. Sebelumnya, Demokrat sering didera prahara tapi tidak ada strategi yang jelas dan terukur oleh semua kader. Kalau sekarang Demokrat menghadapi prahara, sudah ada nakhoda kapal (SBY) yang tahu menghadapi prahara itu,” kata Ulil di Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Perbedaan yang kedua, menurut Ulil, terlihat dari sikap yang ditunjukan Anas dalam merespons masalah yang menderanya. Ulil menyebut, saat Anas menyatakan mundur justru mendapat sambutan yang tidak baik.

“Ada perbedaan dengan dua tokoh utama kami di Demokrat, Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum. Keduanya sama-sama ditetapkan sebagai tersangka,dan mundur. Tapi bedanya, Andi mundur dengan gracefull exit. Kalau Anas very ungracefull exit,” kata politisi lulusan Universitas Harvard, Amerika Serikat ini.

Sebelumnya, tokoh-tokoh muda Demokrat lainnya, Sekretaris DPP PD Rachland Nashidik, Kepala Biro Perimbangan Keuangan Daerah dan Pusat DPP PD M Husni Thamrin, mengungkapkan sikap Demokrat yang kecewa dengan sikap Anas.

“Anas mundur dengan rencana untuk menuliskan ‘halaman-halaman politik’ yang bernada ancaman terhadap simbol marwah partai, yaitu SBY selaku Ketua Dewan Pembina. Tentu saja ini langkah politik yang sangat tak terpuji,” kata Husni Thamrin. (Ism)