Nasional | Timwas Century ‘Garap’ Anas Urbaningrum Soal Aliran Dana

Timwas Century 'Garap' Anas Urbaningrum Soal Aliran Dana

Anas Urabungrum

Liputan6.com, Jakarta : Tim kecil dari Tim Pengawas kasus Bank Century DPR telah dibentuk dan mulai bekerja. Tim yang digawangi anggota Fraksi PKS Fahri Hamzah dan anggota Fraksi PPP Ahmad Yani ini pun langsung mendatangi kediaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Menurut Yani, kesepakatan untuk membentuk tim kecil adalah untuk menginvestigasi dan memverifikasi apakah keterangan Anas dapat dijadikan bahan Timwas untuk mendorong dan mendukung keterangan KPK atau tidak.

“Yang kita butuhkan bukan peristiwa hukum dan fakta-fakta hukum lagi, tapi sampai sejauh mana Anas Urbaningrum memberikan pengakuan peristiwa Century tentang aliran dana,” ujar Yani di rumah Anas, Senin (4/3/2013).

Menurutnya, bila bicara peristiwa pidana terkait kasus bailout Bank Century, KPK sudah lebih maju. Sudah dua peristiwa pidana ditetapkan KPK, yakni kasus penyalahgunaan kewenangan dalam pemberian Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) dan penyalahgunaan dalam penetapan Bank Century sebagai bank gagal dan berdampak sistemik.

“Jika data-data Anas sama yang sudah kita ketahui fakta-faktanya, kita tidak perlu memanggil Anas Urbaningrum. Intinya kita menguji keterangan Anas, apakah bisa membantu kita dalam pengusutan kasus Century dan jika Anas tahu, inilah saatnya Anas membongkar kasus Century ini,” ungkapnya.

Semua informasi yang diperoleh Timwas, sambung Yani, tidak hanya diperoleh dari Anas yang berhubungan dengan aliran dana kasus Bank Century. Timwas akan selalu mencari dan menggali bukti guna membantu KPK.

“Sekarang ini tujuan kita adalah mengetahui sejauh mana aliran dana ini berjalan,” imbuh anggota Komisi III DPR itu. (Mut)