Nasional | Timwas Century Gali Keterangan dari Anas

Timwas Century Gali Keterangan dari Anas
Senin, 04 Maret 2013 , 12:25:00 WIB

Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

RMOL. Tim Pengawas (Timwas) Kasus Century ingin mengetahui apakah ada informasi yang dapat mendukung pengungkapan kasus bailout Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun. Karenanya tim kecil Timwas Century menyambangi mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang diduga memiliki banyak informasi.

“Untuk menginvestigasi dan memverifikasi apa keterangan Anas dapat dijadikan bahan dalam rangka mendukung apa yang sedang dilakukan KPK,” ujar anggota tim kecil Timwas Century Ahmad Yani saat tiba di kediaman Anas di Jalan Teluk Semangka, Duren Sawit Jakarta, Senin (4/3).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, Timwas Century tidak membutuhkan suatu peristiwa hukum karena hal itu sudah dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, saat ini Timwas membutuhkan keterangan mengenai aliran dana bailout Bank Century.

“Kita ingin betul menguji apakah keterangan Anas bisa beri dukungan kepada kita. Karena dalam soal aliran dana jangankan kita sendiri, PPATK tidak bisa tembus,” katanya.

Yani menyarankan, bila memang benar Anas memiliki banyak fakta baru soal kasus Century, maka sebaiknya dia mengungkapnya. Sehingga dapat membantu penuntasan kasus tersebut. “Cukuplah beban itu pada kasus BLBI yang tak pernah tuntas. Saya minta Century ini tuntas,” kata anggota Komisi III DPR tersebut. [wid]