Nasional | Timwas Century DPR Sepakat Panggil Anas Urbaningrum

Timwas Century DPR Sepakat Panggil Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum. (Liputan6.com/Firdie Arfianto)

Liputan6.com, Jakarta : Tim Pengawas (Timwas) Century DPR RI memastikan akan memanggil Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat yang mengundurkan diri. Pemanggilan Anas untuk pengayaan data dan konfirmasi kebenaran, apakah benar Anas memiliki informasi terkait dana talangan Century?

“Tadi semuanya sepakat, ya sesegera saja,” kata pimpinan Rapat Internal Timwas Century, Taufik Kurniawan, di Komplek Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Menurut Taufik, pemeriksaan Anas oleh Timwas Century termasuk menjadi tugas pokok dan fungsi untuk mengawasi proses penyelidikan secara hukum. Pemeriksaan ini, kata dia, terdiri dari unsur-unsur yang ada di timwas.

“Meski Timwas hanya bertugas untuk mengawasi jalannya proses penyidikan secara hukum,” ujarnya. “Tetapi informasi sekecil apapun tidak boleh dikesampingkan dari Timwas.”

Taufik menegaskan pemanggilan Anas, hanya untuk pengayaan materi saja, bukan sebagai bentuk intervensi pada proses penegakan hukum. Menurut Taufik, pemanggilan ini untuk menghindari kegaduah politik.

“Ini hanya sebagai pengayaan materi untuk menghindari kegaduhan politik. Maka perlu dikonfirmasi, apakah perlu informasi dari Pak Anas itu. Layak ngga disampaikan ke Dewan,” tegas Wakil Ketua DPR ini.

Menurutnya, jika informasi yang didapat dari Anas layak untuk disampaikan maka akan langsung disampaikan kepada KPK. “Misalnya, informasi itu penting, substansial, itu bisa diberikan sebagai data,” kata dia. (Ism)