Nasional | Taufiq Kiemas: Media Harus Beritakan Kualitas Capres



Jakarta – Ketua MPR Taufiq Kiemas menilai media massa memiliki peran penting dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014. Khusus untuk pilpres, publik melalui media mendapat informasi utuh mengenai bakal calon presiden.

Karena itu, Taufiq berharap media aktif memberitakan kualitas dan rekam jejak calon presiden agar dapat menjadi masukan bagi pemilih nantinya.

“Media massa dapat membimbing rakyat untuk betul-betul memperhatikan latar belakang dan kualitas capres-cawapres yang muncul dalam pilpres 2014 sehingga tidak salah pilih,” ujar Taufiq Kiemas dalam keterangannya, Minggu (27/1/2013).

Taufiq mengatakan, media sebagai pilar keempat demokrasi harus pro aktif mendorong kemunculan capres yang memiliki visi mensejahterakan masyarakat. Pengelolaan anggaran yang berorientasi kepada kemajuan hidup masyarakat juga harus jadi syarat yang mesti dimiliki capres.

Menurutnya besaran APBN mencapai Rp 2 ribu triliun pada 2014, akan sia-sia tidak terserap untuk masyarakat bila dikelola tokoh yang tidak pro rakyat.

“Kalau anggaran tidak dikelola oleh tokoh-tokoh yang memiliki jiwa patriotisme dan pro rakyat maka uang negara tersebut akan menjadi bancakan nasional saja,” jelasnya.

(fdn/ahy)