Nasional | Tak Seberani Nazaruddin, Anas Tak Akan Bongkar Borok SBY

Tak Seberani Nazaruddin, Anas Tak Akan Bongkar Borok SBY
Selasa, 26 Februari 2013 , 21:19:00 WIB

Laporan: Ujang Sunda

  

RMOL. Tak sedikit yang mengharapkan Anas Urbaningrum bertindak seperti Nazaruddin. Leluasa “bernyanyi” mengungkap borok dan isi “dapur” yang terkait dengan orang-orang di Demokrat. Informasi yang dimiliki Anas bisa jadi lebih dahsyat dibanding milik Nazaruddin.

Pakar politik Universitas Indonesia Prof Maswadi Rauf menilai tipikal Anas dan Nazaruddin berbeda. Makanya Anas tidak akan diyakini tidak akan bertindak seperti Nazar.

“Itu (buka-bukaan borok) bukan tipe Anas,” ujar Maswadi Rauf kepada Rakyat Merdeka Online, Selasa (26/2).

Saat menyatakan berhenti dari posisi ketua umum Demokrat, Anas memang menyebut kasus yang menimpanya baru halaman pertama. Masih banyak halaman-halaman berikutnya yang akan terbuka. Namun, kata Maswadi, hal itu bukan berarti Anas mau membongkar semua borok dan menarik-narik orang lain supaya kelilit kasus juga.

“Ucapan itu karena luapan emosi saja. Waktu itu dia kecewa betul ditetapkan sebagai tersangka. Maka, keluarlah dana seperti acaman itu,” terang Maswadi.

Menurut Maswadi, Anas bukan sosok pendendam. Nada-nada ancaman yang dilontarkannya beberapa hari ini hanya sesaat. Setelah tenang Anas akan kembali pada sikap asalnya.

Soal “borok” Demokrat dan kartu truf Presiden SBY, Maswadi tidak yakin Anas tahu banyak.

“Orang bilang dia tahu kasus Century dan borok-borok SBY. Dari mana dia bisa tahu dan dari mana dia punya bukti?” herannya.

Selama ini, lanjutnya, Anas dikenal sebagai orang yang konsentrasi di organisasi. Dia tidak terlalu ngeuh dengan proyek dan kasus. Beda dengan Nazaruddin yang memang banyak mengurus bisnis, proyek, dan keuangan partai. Jadi, Anas tidak mungkin punya banyak bukti seperti yang dimiliki Nazar. [dem]