Nasional | Sutiyoso Luncurkan Biografi, Kisahkan 30 Tahun Berkarir di Militer



Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso merluncurkan buku biografi yang berjudul ‘The Field General, Totalitas Prajurit Para Komando’. Buku yang ditulis Robin Simanulang ini menceritakan pengalaman Sutiyoso selama mengabdi di TNI Angkatan Darat selama 30 tahun.

Berdasarkan pantauan detikcom, Selasa (15/1/2013) malam, acara peluncuran biografi yang bertempat di Jakarta Theatre XXI Ballroom, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, mantan Menhub Agum Gumelar, Menkopolhukam Djoko Suyanto, mantan Wapres Jusuf Kalla dan Try Sutrisno dan tokoh hukum Adnan Buyung Nasution.

“Sepanjang karir saya kira-kira 30 tahun di militer, selama 25 tahun saya di lapangan. Jelasnya saya di pasukan elit 3 Kopassus, kira-kira 3 tahun saya di Kostrad. Selebihnya kira-kira 22 tahun saya mengabdi di jajaran Kopassus. Jabatan terakhir saya sebagai Wakil Komandan Jenderal,” ujar Sutiyoso saat di doorstop wartawan sebelum acara dimulai.

Sutiyoso mengatakan dalam buku ini menceritakan tentang pengalaman dirinya ketika mengikuti berbagai operasi militer di lima wilayah di Indonesia. Di antaranya adalah ketika berpangkat kapten, dirinya pernah dikirim ke Timor-Timur, dua kali.

“Saat saya berpangkat kapten saya dimasukan ke Timtim, yang pertama sendirian. Kedua, bersama pasukan yang disertakan dalam buku ini. Ini adalah operasi yang belum pernah ditulis siapapun, yaitu operasi dengan sandi Flamboyan,” terangnya Bang Yos, sapaan akrabnya.

Sutiyoso pun berharap buku ini bisa jadi bahan pembelajaran bagi junior-juniornya ketika masih aktif di militer.”Jika tak saya tulis, maka tidak ada pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman itu,” tutupnya.

(ndu/mok)