Nasional | Suding: Sri Mulyani Terkait Dokumen Century dari Anas Urbaningrum

Suding: Sri Mulyani Terkait Dokumen Century dari Anas Urbaningrum

Srimulyani

Liputan6.com, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Amerika Serikat, dalam kasus dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun. Bagi Tim Pengawas kasus Bank Century DPR, keterangan Sri Mulyani terkait dengan dokumen yang diberikan Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat yang sudah mengundurkan diri.

“Dan ketika Sri Mulyani ingin betul-betul mengungkap kasus ini, ini ada juga keterkaitan dengan tiga dokumen yang disampaikan oleh Anas,” kata anggota Timwas Century dari Fraksi Hanura, Syarifuddin Suding menirukan pernyataan Anas Urbaningrum, di gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Tim kecil pengawasan kasus Bank Century DPR kemarin menemui Anas di kediaman, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dari hasil pertemuan itu, Anas menyebut ada 4 nama baru terkait kasus ini. Lalu, apa kaitannya Sri Mulyani dengan dokumen dari Anas Urbaningrum?

“Tentang keterlibatan orang itu. Nama ini memang nama baru, karena belum disampaikan dalam kasus Hak Angket Century,” ujar politisi yang juga Ketua Fraksi Hanura ini.

Suding berharap kesaksian Sri Mulyani kali ini bisa membuka tabir kasus Century, terutama keterlibatan pihak-pihak yang diduga terlibat. Karena, kata Suding, Sri Mulyani saat itu menjabat Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KKSK). “Karena posisi Sri Mulyani tidak lepas dari Ketua KKSK,” ujar Suding. (Ism)

Suding menegaskan bahwa nama-nama itu belum pernah terungkap di publik. “Nama itu yang diduga kuat juga terlibat dalam kasus Century, sesuai dokumen yang disampaikan Anas. Itu bisa membuka tabir keterlibatan yang bersangkutan.” (Ism)