Nasional | Sepupu: Hercules Punya Kapal Hingga Sekolahan

Sepupu: Hercules Punya Kapal Hingga Sekolahan

(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta : Sosok Hercules Rosario Marshal kembali jadi sorotan. Pria kelahiran Dili, Timor Timur (kini Timor Leste) ini, banyak diberitakan setelah ditangkap dan ditahan oleh polisi karena diduga memeras sejumlah pengusaha.

Menurut sepupu Hercules, Lukas Lorens, saudaranya itu telah banyak asam garam kehidupan. Mulanya, Hercules bekerja di bengkel.

Karena tidak betah, kata Lukas, pria berusia 46 tahun itu beralih profesi menjadi penagih utang. Namun, masyarakat menganggap penagih utang bukanlah profesi. Akhirnya, Hercules pun dicap sebagai preman.

Nama Hercules menjadi terkenal di pusat perdagangan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sejak 1997 sampai 2010, Hercules masih dikenal sebagai sosok preman yang menakutkan.

Namun, tambah Lukas, Hercules sudah berubah sejak 2011. Pada tahun itu, Hercules mendirikan organisasi Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB). Ormas pendukung Partai Gerindra besutan mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Prabowo Subianto. Hercules menjadi ketua umumnya. Selain itu, Hercules juga jadi pengusaha.

“Dia sudah berubah jauh, dulu Kakak boleh dibilang preman. Tapi sekarang beda, Kakak itu pengusaha yang punya kapal dan sekolahan,” kata Lukas Lorens saat berbincang dengan Liputan6.com di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2013).

Menurut Lukas, saat ini Hercules hanya aktif dalam kegiatan sosial. “Kakak itu membantu banyak orang. Rasa sosialnya cukup tinggi,” imbuh Lukas.

Hercules dan puluhan anak buahnya ditangkap polisi pada Jumat 8 Maret di Jakarta Barat. Kelompok ini dituding melakukan pemerasan dan intimidasi kepada sejumlah pengusaha. (Eks)