Nasional | Sekjen PDIP: Rustriningsih akan Diorbitkan Seperti Jokowi


Rustriningsih/ Angling detikcom

Jakarta – Banyak pihak bertanya-tanya bagaimana nasib Rustriningsih, setelah tak diajukan PDIP di Pilgub Jateng. Rupanya, Rustri akan diorbitkan seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di tingkat nasional.

“Pola rekrutmen calon kepala daerah PDI Perjuangan prinsipnya ingin menempatkan kader daerah yang sukses berperan di tingkat nasional dan kader tingkat nasional yang harus bisa diperankan di daerah,” kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo.

Hal ini disampaikan Tjahjo menjawab alasan memilih Ganjar Pranowo menjadi cagub Jateng dari PDIP. Hal ini disampaikan Tjahjo saat berbincang, Jumat (8/3/2013).

Karena itu, lanjut Tjahjo, Joko Widodo (Jokowi) yang sukses di Solo kemudian diajukan di Pilgub DKI Jakarta. Jokowi pun sukses menjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Jokowi sukses di Solo kita orbitkan di Jakarta dan berhasil. Rustri yang sukses di daerah ke depan akan diorbitkan di tingkat nasional,” kata Tjahjo.

Tjahjo melanjutkan, pemilihan anggota DPR menjadi cagub di daerah tidak hanya Ganjar Pranowo saja. Misalnya Rieke Diah Pitaloka yang juga anggota DPR RI yang sudah kalah di Pilgub Jabar.

“Seperti Effendi Simbolon yang berprestasi di DPR kita coba diperankan di daerah dan hasilnya Pilkada Jabar dan Sumut tidak mengecewakan. Ganjar yang sukses di kancah nasional di DPR kita rekomendasikan maju cagub Jateng,” tandasnya.

(van/nrl)