Nasional | SBY: Kalau KPK Berhasil Maka Negara Berhasil

Ilustrasi logo KPK.

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali meminta agar semua pihak memberi dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Presiden mengatakan bahwa keberhasilan KPK juga menjadi poin keberhasilan bagi Indonesia.

“Para penegak hukum dalam hal ini KPK harus berhasil dalam mencegah dan memberantas korupsi kalau KPK berhasil maka negara kita akan berhasil,” kata Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/3).

Hal tersebut disampaikan presiden pada pidato sambutan acara penandatanganan Nota Kesepakatan Rencana Aksi Bersama tentang Reformasi Tata Kelola Sektor Kehutanan yang dihadiri sejumlah menteri dan pimpinan lembaga termasuk pimpinan KPK.

Pemberantasan korupsi kata presiden tetap menjadi prioritas nasional sehingga publik harus memberikan kepercayaan kepada lembaga antirasuah tersebut. Presiden juga meminta agar jangan ada pihak-pihak yang mencampuradukkan antara kasus hukum dengan politik.

“Saya yakin KPK dan penegak hukum lain akan bekerja secara profesional dan saya mengajak rakyat Indonesia seluruh tanah air termasuk elite politik dukung KPK,” lanjut presiden.

Dia mengingatkan berbagai pimpinan kementerian, lembaga dan para penegak hukum diawasi oleh rakyat. Oleh karena itu para pemangku kepentingan tidak bisa bekerja seenaknya dan harus bertanggungjawab kepada rakyat.

“Di negara ini tak ada satupun yang tak diawasi rakyat termasuk saya,” lanjut presiden.