Nasional | Ruhut Sitompul: SBY Nyapres Pasti Menang Lagi…

Ruhut Sitompul: SBY Nyapres Pasti Menang Lagi…
Kamis, 28 Februari 2013 , 21:29:00 WIB

Laporan: Ujang Sunda

  

RMOL. Politisi nyentrik Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, yakin kalau SBY dibolehkan maju lagi akan kembali menang. Alasannya, survei-survei kepuasan terhadap SBY masih tinggi.

“SBY itu dicintai masyarakat. Lihat saja survei SMRC yang terakhir, kepuasan pada Pak SBY itu mencapai 58 persen. Sementara calon-calon yang ada sekarang, elektabilitasnya belum ada yang di atas 20 persen. Sayangnya Pak SBY dilarang konstitusi,” kata Ruhut kepada Rakyat Merdeka Online, Kamis malam (28/2).

Presiden SBY sudah pasti tidak akan maju di pilpres 2014. Di samping konstitusi melarang, dia juga tidak ingin terjadi dinasti politik di Indonesia. Namun, menurut anggota Dewan Pembina Demokrat Hayono Isman, orang-orang di internal Demokrat dan di sekeliling SBY masih saja ada yang membisiki untuk maju lagi. Asalan utamanya, SBY masih pantas dan masih dibutuhkan Indonesia.

“Kalau soal membisiki, ke Pak SBY pun banyak. Bahkan ada yang bilang, untuk undang-undang itu biar urusan kami untuk mengubahnya,” ujar Hayono dalam diskusi yang tertajuk: Nasib Demokrat setelah Anas Mundur di ruang pers DPR, Kamis (28/2).

Kata Ruhut, SBY ikut membahas amandemen UUD 1945 pada 1998 yang mengatur pembatasan masa jabatan presiden hanya dua periode. Waktu itu, SBY adalah dalam Fraksi ABRI. Karena itu, SBY tidak akan mungkin menghianati aturan yang dibuatnya sendiri.

“Pak SBY itu sangat taat hukum dan konstitusi. Dia tidak akan melanggar konstitusi sedikit pun. Apalagi beliau ikut membahas konstitusi itu,” tandasnya. [dem]