Nasional | RS Muhammadiyah Siapkan Akreditasi Nasional 2012

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA–Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah seluruh Indonesia menyiapkan akreditasi RS Versi 2012. Akreditas ini untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit di lingkungan Muhammadiyah.

Rencana itu dikemukakan Direktur Pelayanan Medis RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr Joko Murdiyanto, SpAN pada Republika di Hall Asri Medical Center Yogyakarta, Kamis (28/2).

Saat ini  Muhammadiyah memiliki 44 rumah sakit umum dan 55 rumah sakit khusus di bawah koordinasi majelis pembina kesehatan umat. Sebagian besar rumah sakit tersebut sudah mendapatkan akreditasi RS Versi 2007.

Apabila masa berlakunya akreditasi RS versi 2007 sudah habis (selama tiga tahun), maka enam bulan sebelum habis, rumah sakit harus mempersiapkan diri untuk menuju akreditas versi 2012.

”RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta baru mendapatkan akreditas RS Versi 2007 dan masa berlakunya habis pada tahun 2014,” ujarnya.

Alasan itulah  akreditas RS Versi 2012 mulai dipersiapkan. RS Muhammadiyah di seluruh Indonesia yang akan menjalani akreditas RS Versi 2012 baru akan dimulai 2013 yakni RS Islam Pondok Kopi Jakarta, RS Muhammadiyah Palembang dan RS Muhammadiyah Lamongan,”kata Joko.

Dalam akreditas RS Versi 2012 akan ada 15 bab yang disurvei diantaranya: manajemen pelayanan obat (farmasi),  fasilitas kesehatan., pelayanan pasien, komunikasi pasien, keselamatan pasien. ”Untuk tahap awal yang kami siapkan adalah manajemen pelayanan obat,” katanya.