Nasional | Ratusan Warga Kalukku Sulit Dapatkan Air Bersih

Ratusan Warga Kalukku Sulit Dapatkan Air Bersih

Air Bersih (ilustrasi)

, MAMUJU — Ratusan kepala keluarga di Kelurahan Bebanga dan Desa Uhaimate, Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat masih kesulitan air bersih. Karena, belum ada sarana yang dibangun pemerintah setempat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Kecamatan Kalukku, Ali Sunar, di Mamuju, Rabu, mengatakan ratusan warga yang tinggal di kecamatan Lukku itu sangat membutuhkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Warga di wilayah itu masih memanfaatkan sumber mata air di atas gunung yang letaknya tiga kilometer dari tempat tinggal mereka.

Oleh sebab itu, menurutnya, pemerintah desa dan kelurahan akan memprioritaskan pembangunan air bersih di desa dan kelurahan melalui Program PNPM-MP. Ini agar masyarakat tidak lagi kesulitan memperoleh air bersih.

“Rencana pembangunan sarana air bersih di Kelurahan Bebanga, Desa Uhaimate, sementara ini dilakukan diverifikasi di tingkat kecamatan oleh Tim erifikasi PNPM-MP,” katanya. ”Kita berharap usulan itu disetujui agar dapat diwujudkan pembangunannya.”

Ia mengatakan masyarakat sangat berharap agar dibangunkan sarana air bersih yang anggarannya mencapai ratusan juta itu. Sarana tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.