Nasional | Peta Politik dan 3 Bab Besar Demokrat

Peta Politik dan 3 Bab Besar Demokrat

Liputan6.com, Jakarta : Partai Demokrat dianjurkan segera menentukan siapa pengisi kursi Ketua Umum yang ditinggalkan Anas Urbaningrum. Ini berpengaruh pada peta politik dan 3 bab besar PD.

Menurut mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat M Rahmat, PD sudah harus memasukkan Daftar Caleg Sementara (DCS) menjelang Pemilu 2014 yang kudu ditandatangani oleh Ketum. Hal tersebut menjadi penting. Sebab DCS adalah penentu peta politik.

“DCS ini sangat menentukan peta politik di DPR ke depan,” ujar Rahmat dalam diskusi bertema ‘Efek Anas Makin Panas’ di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2013).

DCS, lanjut dia, memang bukan kekuatan di tubuh partai. Tapi untuk mengarahkan peta politik skala makro.

“Sehingga dengan pengarahan politik ke skala makro, Demokrat akan mudah menentukan kebijakan politik. Di mana di situ kebijakan akan ditentukan,” ujar Rahmat.

3 Bab Besar

Menurut dia, bila diadakan kongres luar biasa (KLB) oleh Demokrat, maka akan ada 3 bab besar yang akan disampaikan.

“Pertama, sebelum pendaftaran DCS. Kedua, terkait dengan Anas adalah menjelang KLB dan reposisi di daerah. Ketiga adalah Pemilu Legislatif dan Pilpres,” urai Rahmat.

“Tapi kalau bicara halaman, kemungkinan yang akan terbuka adalah event-event yang akan digelar oleh Partai Demokrat,” tutup Rahmat. (Sss)