Nasional | Pertemuan Cikeas Bakal Bahas Kongres Luar Biasa

Jakarta, GATRAnews – Mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat, M Rahmad menilai, tak menutup kemungkinan Partai Demokrat akan menggagendakan Kongres Luar Biasa (KLB) dalam pertemuan siang hari ini di kediaman Ketua Majelis Tinggi dan Pembina, Susilo Bambang Yudhoyono, Cikeas, Bogor, Jawa Barat. “Banyak kemungkinan, bisa disiapkan KLB, agar suaranya dipetakan. Bisa juga memetakan statement Anas beberapa waktu lalu,” kata Rahmad dalam diskusi “Efek Anas Makin Panas” di Jakarta Pusat, Sabtu, (2/3).

 

Rahmad menilai, seandainya pertemuan siang nanti di Cikeas yang akan mengumpulkan kembali seluruh DPD itu, bisa juga untuk memetakan kekuatan internal partai. Menurutnya, satu-satunya jalan untuk menemukan pengganti mantan Ketua Umum Anas Urbaningrum yang mengundurkan diri pasca ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi mega skandal Hambalang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, yakni melalui KLB.

 

Dijelaskan Rahmad, itu merupakan jalan satu-satunya melahirkan ketua umum yang baru. Pasalnya, AD/ART partai mengatur demikian. “Harus kongres melalui KLB. Penunjukan langsung tidak diizinkan oleh AD/ART,” jelasnya. Dijelaskan, meski KLB dihadiri seluruh komponen partai, namun yang mempunyai hak suara menentukan ketua umum yakni dewan pimpinan dan DPP.  “Tetapi yang mempunyai hak pilih, 3 di dewan pimpinan 5 di DPP. DPP kekuatan mas Anas,” nilainya.

 

Atas dasar itu, ujarnya, jika sampai diselenggarakan KLB, ini sangat rawan bagi loyalis non Anas Urbaningrum yang tak menginginkan kubu Anas kembali pimpin partai. “Kalau KLB, peta politiknya sangat rawan bagi yang tidak menginginkan loyalis Anas pimpin partai, karena suara ada di mereka. Kalau kongres itu sangat demokrattis. Lihat kongres 2010, di mana peserta kongres tidak bisa diatur, karena mereka masing-masing punya pemikiran,” pungkasnya.(IS)