Nasional | Pengamat: PKS Sedang Ketawai Demokrat

Pengamat: PKS Sedang Ketawai Demokrat

(Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Jakarta : PKS bisa bangkit dengan cepat saat badai menerpa. Bahkan setelah itu memenangkan Pilkada Jabar versi quick count. Tidak demikian dengan Partai Demokrat.

“PKS saya kira ketawa-ketawa saat ini, karena menang Pilkada Jabar,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari di Jakarta, Sabtu (2/3/2013).

Menurut dia, elektabilitas Partai Demokrat saat ini tengah menukik tajam. Untuk bangkit kembali, partai besutan SBY itu disarankan mencontoh langkah PKS yang cepat melakukan konsolidasi internal.

“PD harus melakukan konsolidasi dengan cepat seperti PKS yang langsung menempatkan Anis Matta sebagai pengganti Luthfi Hasan Ishaaq,” ujar Qodari.

Luthfi menjabat sebagai Presiden PKS saat ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap impor daging sapi. Selang satu hari kemudian Luthfi mengundurkan diri. Lalu keesokan harinya PKS menetapkan Anis Matta sebagai Presiden PKS.

Nakhoda Baru

Qodari menyebutkan 3 hal yang sebaiknya cepat dilakukan oleh Demokrat. Pertama, dalam menjaring daftar calon sementara (DCS) dan DCT legislatif, PD harus mengakomodasi semua kubu.

“Kedua, harus cepat menemukan nakhoda baru. “Ketua Umum definitif suatu keniscayaan, tidak bisa tidak,” ujar dia.

Ketiga, lanjut dia, SBY jangan lagi terjebak dalam manajemen konflik yang terjadi di internal Partai Demokrat. Jika hal ini masih berlangsung hingga 2014, maka PD tidak akan bisa bangkit.

“Karena melihat peta politik nasional, parpol besar seperti Golkar dan PDIP sudah konsentrasi mengurus partai,” demikian Qodari. (Sss)