Nasional | PD-Golkar-PAN Deklarasikan Bibit Waluyo & Rektor UNNES Jadi Cagub-Cawagub


Dari kiri ke kanan: Sudijono, Bibit, dan Sukawi (Foto: Angling AP/detikcom)

Semarang – Incumbent Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Sudijono Sastroatmodjo resmi menjadi pasangan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Deklarasi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekitar pukul 10.10 WIB, Senin (4/3/2013), Bibit Waluyo tiba di Borobudur Ballroom, Hotel Santika Premier, Jalan Pahlawan. Ia disambut Ketua DPD Demokrat Jateng, Sukawi Sutarip. Tidak lama kemudian, pasangan Bibit, Sudijono datang menyusul.

Pukul 10.20 WIB, pasangan dengan singkatan nama BISA menandatangani naskah deklarasi diikuti oleh Sukawi Sutarip, Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto, dan Ketua DPD Partai Golkar Jateng Iqbal Wibisono.

Sekretaris DPD PD Jateng Dani Sriyanto mengatakan, dari hasil perundingan disepakati Sudijono sebagai pendamping Bibit. Menurutnya, rektor UNNES tersebut layak mendampingi Bibit karena latar belakang seorang akademisi.

“Pukul 19.30 kemarin hasil resminya keluar. Calon wakil mampu bekerja sama dengan baik,” kata Dani sebelum acara penandatanganan deklarasi.

Dalam acara penandatanganan deklarasi tersebut, Wahyu Kristanto diangkat sebagai ketua tim pemenangan. “Tim suksesnya nanti dimatangkan setelah tanggal 5 Maret. Komposisi tim suksesnya dari tiga partai dan relawan,” ujar Wahyu.

Usai menandatangani deklarasi, pasangan BISA langsung menuju gedung KPU Jateng untuk melakukan pendaftaran. Pencoblosan pilgub dijadwalkan digelar 26 Mei 2013 mendatang.

(alg/try)