Nasional | Parpol Diminta Teliti Melihat Rekam Jejak Integritas Caleg

Jakarta – KPK mengimbau agar parpol benar-benar memilih caleg yang berintegritas untuk diajukan ke KPU dalam pemilu legislatif. Caranya, parpol harus teliti dalam melihat rekam jejak si kandidat.

“Politisi berintegritas adalah jalan pertama mencegah partai berkorupsi. Ada banyak hal untuk mengukur integritas. Salah satunya rekam jejak,” kata peneliti dari Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM, Hifdzil Alim dalam perbincangan, Kamis (24/1/2013).

Selain itu, lanjut Hidzil, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengkaji secara detail harta kekayaan si kandidat caleg. Hifdzil juga menyatakan afiliasi politik di masa lalu juga bisa menjadi parameter.

“Bisa juga dengan riwayat harta benda dan afiliasi politik sebelumnya,” tegasnya.

Dalam setiap tahunnya, Persidangan pengadilan Tipikor tak pernah absen menghadirkan anggota DPR sebagai terdakwa. Sebagai lembaga yang menyeret para anggota dewan ke persidangan, KPK memiliki pandangan mengenai kriteria caleg pada periode mendatang.

“Diharapkan Parpol merekrut para caleg yang berintegritas dan mempunyai kemampuan spritualitas intelektual,” kata Ketua KPK Abraham Samad kepada detikcom, Kamis (24/1/2013).

Pemilu Legislatif memang semakin dekat. Pada April tahun ini Parpol harus sudah menyerahkan nama Caleg ke KPU. Saat ini, sebanyak 10 partai politik nasional yang menjadi peserta pemilu mulai disibukkan dengan persiapan penyusunan daftar calon anggota legislatif yang akan diusung masing-masing partai. Pada tanggal 9-15 April 2013 mendatang, seluruh partai diharuskan menyerahkan daftar calon sementara (DCS).

(fjr/ndr)