Nasional | Nazaruddin Masih Diancam, LPSK Minta Pengamanan Ditingkatkan

Nazaruddin Masih Diancam, LPSK Minta Pengamanan Ditingkatkan

Muhammad Nazaruddin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta : Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) meminta agar pengamanan terhadap terpidana kasus korupsi Wisma Atlet Muhammad Nazaruddin ditingkatkan. Hal itu mengingat status Nazaruddin saat ini selain sebagai terpidana juga berstatus sebagai saksi untuk terdakwa lainnya.

“LPSK akan rekomendasikan peningkatan pengamanan bagi Nazarudin di Lapas. Dukungan ini merupakan sinyal atas keputusan rapat paripurna LPSK pada 4 Maret 2013 lalu,” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai, di Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Dukungan LPSK terhadap peningkatan pengamanan Nazaruddin ini tertuang dalam Surat Rekomendasi LPSK yang segera akan disampaikan pekan ini. Surat rekomendasi itu akan disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM c.q Lapas Cipinang dan Mabes Polri.

Kendati demikian, Ketua LPSK mengimbau agar Nazaruddin tidak banyak bersuara di media karena akan membahayakan keselamatannya, terutama pihak-pihak yang merasa dirugikan atas informasi yang disampaikan.

“Informasi yang diumbar Nazaruddin ke media, bisa jadi target balasan pihak-pihak yang merasa dirugikan atas informasi tersebut. Sebaiknya Nazaruddin langsung menyampaikannya ke aparat penegak hukum (KPK atau Polri),” tutur Semendawai.

Juru Bicara LPSK, Maharani Siti Shopia mengatakan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu memiliki informasi yang sangat penting dalam pengungkapan kasus mega korupsi yang lain. Bahkan Nazarudin mengatakan dirinya kerap mengalami ancaman dari orang yang tidak dikenal.

“Tak jarang informasi yang diungkap Nazarudin kerap terbukti dalam proses penyidikan dan melahirkan tersangka baru,” imbuh Rani. (Ant/Mut)