Nasional | NasDem Siap Gelar Kongres Malam Ini, Perkokoh Kesolidan Partai


Ilustrasi

Jakarta – Partai Nasional Demokrat (NasDem) akan menggelar kongres selama 2 hari di Jakarta Convention Center (JCC). Diperkirakan sekitar ribuan kader NasDem akan hadir dalam kongres ini.

“Dihadiri seluruh peserta dari seluruh kab/kota, dari 33 provinsi, dihadiri DPP, semuanya,” tutur Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Sugeng Suparwoto saat berbincang dengan detikcom, Kamis (24/1/2013).

Pembukaan kongres akan dilakukan pada Jumat (25/1) sekitar pukul 19.00 WIB. Pembukaan akan diawali dengan peluncuran nomor partai NasDem, yang mendapat nomor urut 1 dalam pemilu 2014 mendatang.

Kemudian acara akan dilanjutkan dengan sidang pleno yang diikuti oleh masing-masing komisi dalam partai NasDem. Sidang pleno ini hanya akan dihadiri oleh pengurus partai di masing-masing daerah dan juga para kader peninjau.

Kongres kemudian pindah ke ruang Cendrawasih dengan diikuti 1600 orang, yang terdiri atas peserta dan peninjau,” terang Sugeng yang juga merupakan Ketua Steering Committee dalam kongres.

Sidang pleno kemudian akan dilanjutkan pada hari kedua, Sabtu (26/1), dimulai pukul 09.00 WIB. Berbagai sidang pleno akan digelar membahas bermacam agenda, mulai dari AD/ART, struktur kepengurusan, hingga program kerja.

Acara puncak pada kongres hari kedua akan digelar pada malam hari. Yakni pengukuhan Surya Palon sebagai Ketua Umum NasDem.

“Pukul 19.00 WIB acara resepsi dan pidato pengukuhan Surya Paloh sebagai Ketum,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sugeng menegaskan, kongres ini menjadi bukti kesolidan NasDem di tengah serangkain masalah yang terjadi. Salah satunya pasca Hary Tanoe dan sejumlah pengurus lainnya mengundurkan diri dari NasDem.

“Kita akan menunjukan bahwa partai ini betul-betul solid, tidak ada guncangan apapun. Dinamika yang terjadi tidak mempengaruhi. Justru menjadi vitamin bagi kita,” tegas Sugeng.

(nvc/rvk)