Nasional | Marzukie Alie ‘Blusukan’ ke Lokasi Banjir Tangerang

Marzukie Alie 'Blusukan' ke Lokasi Banjir Tangerang

Marzuki Alie

JAKARTA —  Ketua DPR Marzuki Alie melakukan “blusukan” ke beberapa titik banjir di Kecamatan Binuang, Tanggerang, Banten pada Senin (21/1). Kedatangannya tersebut untuk menyerahkan sejumlah bantuan yang merupakan hasil penggalangan dana dari anggota DPR dan sejumlah perusahaan kepada korban banjir. 

“Ini bantuan sifatnya relawan dari DPR. Urunan dari anggota dan beberapa perusahaan yang peduli,” ungkap Marzuki saat menyerahkan bantuan di salah satu posko penampungan warga, Pondok Pesantren Daar El Qurro, Jalan Raya Cikande Kresek, Desa Renged, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (21/1). 

Menurut Marzuki, DPR tidak menganggarkan khusus untuk bantuan bencana alam. Karena penanganan korban bencana alam merupakan tugas, pokok, dan fungsi Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, secara kemanusiaan, DPR berinisiatif untuk menggalang dana guna membantu korban bencana. 

Bantuan yang disalurkan DPR terdiri dari bantuan tenaga kesehatan dan obat-obatan bagi warga. Selain itu, diberikan juga kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir kepada penduduk Binuang. 

“Setelah banjir, dampaknya muncul penyakit. Kami bawa tim dokter, sejak pagi sudah 1200 orang dilayani sampai siang ini,” kata Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu. 

Didampingi istrinya, Asmawati Alie, Marzuki juga berjanji akan melaporkan kepada Kementerian Pertanian mengenai 300 hektare sawah yang terendam.

“Tolong dilaporkan berapa banyak petani yang kena banjir. Saya akan langsung urus ke kementerian pertanian. Paling ga, dapat bantuan bibit gratis dan pupuk,” ujarnya.