Nasional | Marzuki Alie Pastikan Anas Tetap Ketum Demokrat

Ketua DPR Marzuki Alie (Jakarta Globe/Yudhi Sukma Wijaya)

Ketua DPR Marzuki Alie (Jakarta Globe/Yudhi Sukma Wijaya) (sumber: Jakarta Globe)

Jakarta – Tampaknya Ketua Umum Partai Demokrat (PD) takkan menjadi tersangka kasus hukum oleh KPK. Sebab Anggota Majelis Tinggi PD, Marzuki Alie memastikan bahwa Anas Urbaningrum akan tetap menjadi ketua umum dan takkan ada Kongres Luar Biasa (KLB) sebagai ajang pelengseran Anas dari posisinya.

“Ini kok pikirnya macem-macem? Tak ada Plt (pelaksana tugas), tak ada KLB,” kata Marzuki kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/2).

Marzuki menyatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan, apakah kemunduran diri Edhie Baskoro Yudhoyono dari keanggotaannya di DPR adalah supaya bersiap menjadi Plt. Ketua Umum PD menggantikan Anas. Pertanyaan itu didasari ribut-ribut belakangan terkait status hukum Anas dalam penyelidikan kasus Hambalang di KPK.

Status tersangka Anas adalah cara satu-satunya memaksa Anas mundur dari jabatannya sebagai ketua umum partai melalui KLB.

Isu soal KLB menguat menjelang rapat pimpinan nasional (Rapimnas) PD yang akan diselenggarakan pada 17 Februari mendatang.

Menurut Marzuki, rapimnas itu sama sekali tak terkait KLB. Sebaliknya, ajang itu hanya akan menjadi wahana bagi partai menata organisasi sekaligus membersihkan partai ke depan.

“Tolong berpikir positif. Supaya saya dan kawan-kawan bisa masuk surga sama-sama,” ujar Marzuki sambil tersenyum.