Nasional | Libur Maulid Nabi, Begini Suasana Lalu Lintas Jakarta

Libur Maulid Nabi, Begini Suasana Lalu Lintas Jakarta

Jakarta lengang. (ilustrasi)

,  JAKARTA — Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di ibu kota lengang pada hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis.

Dari pantauan, sejumlah ruas jalan protokol seperti MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Merdeka Barat, Merdeka Selatan, hingga Merdeka Timur terlihat tidak sepadat biasanya.

Bahkan ruas Jalan Rasuna Said yang merupakan kawasan bisnis, juga terlihat lengang dari berbagai aktivitas yang biasanya padat.

Suasana ibu kota di pagi hari di kawasan bisnis itu dihiasi oleh pejalan kaki dan sejumlah kendaraan bermotor yang lalu lalang. Hanya ada beberapa orang bersepeda yang melintasi jalan tersebut.

Seorang warga Bungur, Jakarta Pusat, Muhammad Iqbal (22), mengatakan sejumlah ruas jalan lancar dan sepi dari kendaraan pribadi.

“Barusan saya melalui beberapa ruas jalan yang biasanya macet, seperti Jatinegara, Matraman, dan Salemba dengan lancar,” ujar lelaki yang biasa disapa Iqbal itu.

Ia mengatakan di jalan-jalan tersebut, sebagian besar dipadati oleh kendaraan umum dan roda dua, sedangkan kendaraan pribadi yang biasa mendominasi jarang terlihat.

Hal senada dengan Iqbal, salah seorang warga Jakarta lainnya Lusi juga mengatakan sejumlah ruas jalan yang dilewatinya relatif sepi.

“Kondisi jalan di Jakarta cukup sepi, tadi saya lewat Jalan Pramuka, Rawamangun dan Buaran dengan lancar,” ujar dia.

Selain itu, kondisi berbagai pusat perbelanjaan yang ada di ibu kota seperti Pasar Baru dan Tanah Abang juga tampak sepi.

Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya melalui akun jejaring sosial Twitternya, menyebutkan kondisi lalu lintas depan Pasar Rumput Manggarai mengarah Landmark pada pukul 07.17 WIB ramai lancar di kedua arahnya. Begitu juga arus lalu lintas Terminal Pulogadung mengarah Cakung terpantau ramai lancar di kedua arahnya.

Sementara itu, situasi lalu lintas tol Sedyatmo mengarah Bandara Soekarno Hatta, tol Pondok Gede Timur mengarah Cawang, dan tol Kebun Jeruk menuju Tomang terpantau ramai lancar.

Kondisi jalan di perempatan lampu merah Pancoran yang biasanya ramai dipadati kendaraan bermotor pada saat ini juga terlihat lancar dan tidak terjadi kemacetan.
TMC juga menginformasikan pada pukul 08.3o WIB, Banyak jalan rusak dan berlubang di ruas jalan Boulevard Barat Kelapa Gading. Pengguna jalan dihimbau untuk berhati-hati melintas di lokasi itu.

Selain itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikuti acara zikir bersama Majelis Rasulullah SAW di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Kegiatan itu dilakukan sekaligus memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis (24/1).

Berdasarkan agenda kepresidenan yang dirilis Biro Pers, Media dan Informasi Istana, kegiatan tersebut digelar pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan zikir bersama itu diselenggarakan oleh Majelis Rasulullah SAW dan akan dihadiri ribuan umat Islam dari seluruh Jakarta dan sekitarnya.