Nasional | KPK Periksa Dirut Dealer Harrier Anas

KPK Periksa Dirut Dealer Harrier Anas

(Liputan6.com/Danu Baharuddin)

Liputan6.com, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi terus mendalami kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait proyek pembangunan sarana dan prasarana olahraga Hambalang dengan tersangka Anas Urbaningrum.

Kali ini, Selasa (5/3/2013) lembaga yang dipimpin Abraham Samad tersebut menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap Direktur PT Duta Motor, Hadi Wijaya.

“Yang bersangkutan akan diperiksa untuk saksi AU (Anas Urbaningrum),” ujar Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Perlu diketahui, PT Duta Motor merupakan sebuah dealer tempat mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin membeli mobil Toyota Harrier. Mobil mewah itu kemudian diberikan kepada Anas pada 2009.

Di dealer yang terletak di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat inilah kabarnya mobil mewah dengan nomor polisi B 15 AUD itu dibelikan Nazaruddin menggunakan uang dari Adhi Karya yang menyetorkan Rp1 miliar kepada Grup Permai.

Dalam kasus Hambalang, KPK beberapa waktu lalu telah menetapkan Anas Urbaningrum sebagai tersangka lanjutan. Dia dinilai menerima hadiah atau janji dalam pelaksanaan dan perencanaan pembangunan proyek Hambalang dan proyek-proyek lain semasa menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Atas perbuatannya, Anas disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (a) atau (b) atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Ary)